Sunday, January 10, 2016

Chiropractic Pengobatan Modern Masa Depan?


 Chiropractic Pengobatan Modern Masa Depan?

CHIROPRACTIC saat inihanya diakui para ahli medis, sebagai terapi alternatif untuk mengatasi masalah tulang belakang. Namun, tak menutup kemungkinan, 20 tahun mendatang terapi ini dapat menjadi teknik pengobatan modern yang setara dengan akupuntur.

Hal ini dikatakan Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Dr Ilham Marsis Oetama SpOG(K). Karena menurut dia, perkembangan teknik pengobatan semakin tahun akan berkembang dan kita pun tak boleh ketinggalan untuk mengetahuinya.

"Saya katakan tidak menutup kemungkinan chiropractic ini jadi pengobatan modern. Akupuntur, misalnya, 20 tahun lalu belum diakui sebagai pengobatan modern, tapi sekarang sudah," ujar Prof Marsis saat ditemui di Kantor IDI, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Begitu pun dengan terapi chiropractic, tambah dia, sepanjang belum membuktikan manfaatnya secara evidence base tidak dapat dikatakan sebagai pengobatan modern.

Ini tentunya membutuhkan banyak studi dari peneliti dunia, agar efektivitas terapi dapat dimanfaatkan dengan tepat. Sehingga, pasien pun tak perlu memikirkan risikonya.

Namun di Indonesia, ternyata sudah dibuka banyak klinik chiropractic ilegal. Menurut Prof Marsis, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang seharusnya menjadi regulator utama, kemudian bekerja sama dengan dinas kesehatan setempat.

"Sekarang regulasinya dilakukan di Kemenkes , yaitu direktorat pengobatan tradisional yang melakukan pengawasan. Tapi klinik chiropractic yang di mal-mal itu sama sekali tidak ada pengawasan menurut saya, akhirnya terjadilah kecolongan," tukas dia.

redwinpoker.com

0 comments:

Post a Comment