Monday, January 11, 2016


 Angka Kematian Ibu di Indonesia Tertinggi se Asia Tenggara

Sulitnya akses layanan kesehatan di daerah pedesaan, membuat ibu hamil sulit menemui dokter spesialis. Parahnya, keadaan ini membuat angka kematian ibu di Indonesia lebih besar.

Bahkan, Indonesia hingga saat ini masih harus berjuang sebagai salah satu negara dengan angka kematian ibu tertinggi di dunia.

"Mewakili angka statistik, Indonesia memiliki angka yang paling buruk di kawasan Asia Tenggara," papar Direktur Utama Philips Indonesia, Suryo Suwignjo saat peluncuran Mobile Obstetrical Monitoring Solution di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (11/1/2015).

Seperti diketahui, angka kematian pada ibu di Indonesia bisa mencapai 359 per 100 ribu kelahiran hidup. Sementara angka kematian bayi 32 per 1000 kelahiran hidup.

Suryo menambahkan, hal ini menjadi sebuah keprihatinan yang mendalam terutama di tempat-tempat yang yang jauh dari kota besar.

Hal ini pun diperparah dengan kehamilan berisiko tinggi yang baru diketahui pada saat persalinan dan tidak terdeteksi dari awal.

"Karena spesialis kita ngumpul di kota besar dan nggak ngumpul di desa. Padahal kondisi ibu dan anak sudah berisiko tinggi dan nggak terdeteksi dan itu paling sering terjadi di meja persalinan. Kadang bidang atau dokter kaget," tandasnya.

redwinpoker.com

0 comments:

Post a Comment