Monday, December 28, 2015

Selain Bobot yang Naik, Ini Tanda Bayi Sudah Cukup ASI

Selain Bobot yang Naik, Ini Tanda Bayi Sudah Cukup ASI


Peningkatan berat badan bayi memang menjadi indikator kecukupan ASI yang sangat efektif. Namun karena menimbang bayi setiap hari terasa tak mungkin, maka indikator lain pun perlu diketahui oleh orang tua.

Salah satunya adalah menghitung berapa kali bayi buang air kecil setiap harinya. Akan lebih mudah jika bayi dipakaikan popok kain sehingga akan terlihat berapa kali ia buang air kecil atau buang air besar.

dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Seotomo Surabaya membenarkan bahwa cara yang paling gampang adalah dengan mengetahui berat badannya naik sesuai grafik pertumbuhan sesuai umur, tapi tanda kecukupan ASI yang lain adalah dengan menghitung berapa kali bayi buang air kecil setiap harinya.  

"Untuk bayi berusia 1 hari buang air kecil 1 kali, usia 2 hari 2 kali, usia 3 hari 3 kali, usia 4 hari 4 kali, usia 5 hari 5 kali, dan bayi berusia 6 hari atau lebih setidaknya buang air kecil sebanyak 6 kali per hari," ujar dr Meta kepada detikHealth, seperti ditulis pada Senin (28/12/2015).

Meskipun demikian, tak sedikit pula ibu yang beranggapan bahwa salah satu tanda bayi cukup ASI adalah ketika ia mengeluarkan gumoh. Menurut dr Meta, hal ini tak dianggap sepenuhnya benar oleh dr Meta.

"Gumoh adalah proses alami dan wajar untuk mengeluarkan udara yang tertelan bayi saat minum ASI. Memang salah satu penyebabnya bisa saja terlalu banyak ASI, namun tidak selalu berarti bayi sudah kenyang," imbuhnya.

redwinpoker.com

0 comments:

Post a Comment